SELAMAT DATANG. BERI SARAN DAN MASUKAN

KITA BANGGA JADI ORANG INDONESIA.

TERIMA KASIH


Kamis, 30 April 2009

Menulis Surat Pesan Singkat (Memo)

Pesan singkat merupakan salah satu bentuk komunikasi tidak langsung yang disampaikan secara tertulis dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas tetapi tetap memperhatikan sopan santun. Pesan singkat bisa dalam bentuk memo atau SMS/e-mail.

Isi pesan singkat dapat berupa: (1) penjelasan tentang sesuatu yang terjadi atau akan terjadi, (2) rencana pertemuan atau undangan untuk seseorang, (3) instruksi untuk melakukan sesuatu, (4) permintaan penjelasan tentang sesuatu, atau (5) permintaan maaf.

Pesan singkat yang dikirim melalui tulisan di kertas ada yang bersifat formal/resmi dan nonformal/pribadi. Pesan singkat yang bersifat resmi/dinas sering disebut dengan memo (memorandum). Memo biasanya ditulis dan dikirim oleh atasan kepada bawahan.. Memo biasanya terdiri atas:


1) kepala memo,

2) identitas judul memo/tulisan ‘memo’,

3) penerima memo/alamat yang dituju,

4) pemberi/pengirim memo,

5) isi memo,

6) tanggal penulisan memo,

7) tanda tangan dan nama pengirim memo.






Pesan singkat pribadi ditulis dan dikirim oleh individu kepada individu lain untuk kepentingan pribadi. Bahasa yang digunakan dalam mengirim pesan singkat pribadi sangat bergantung kepada siapa pesan tersebut kita kirim. Yang jelas pesan tersebut ditulis secara singkat, padat, jelas, dan santun. Khusus dalam penulisan pesan singkat melalui SMS sering kita gunakan singkatan kata untuk meminimalisir jumlah huruf yang digunakan. SMS pada era global ini merupakan bentuk pengiriman pesan yang lebih efektif.

2 komentar: